Rabu, 21 November 2018

STUDI KASUS NEW MEDIA DAMPAK DARI FACEBOOK


DEFINISI NEW MEDIA (Media Baru)

         Media Baru adalah istilah yang dimaksudkan  untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir  abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai media baru adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Secara sederhana media baru adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network, online forum dan lain-lain yang menggunakan komputer sebagai medianya.

       Menurut Everett M. Rogers (dalam Abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi ke dalam empat era. Pertama, era komunikasi tulisan, Kedua, era komunikasi cetak, Ketiga, era telekomunikasi, dan Keempat, era komunikasi interaktif. Media baru adalah media yang berkembang pada era komunikasi interaktif. Ron Rice mendefinisikan media baru adalah media teknologi komunikasi yang melibatkan komputer di dalamnya (baik mainframe, PC maupun Notebook) yang memfasilitasi penggunanya untuk berinteraksi antar sesama pengguna ataupun dengan informasi yang diinginkan. Sementara menurut McQuail, media baru adalah tempat dimana seluruh pesan komunikasi terdesentralisasi; distribusi pesan lewat satelite meningkatkan penggunaan jaringan kabel dan komputer, keterlibatan audiens dalam proses komunikasi yang semakin meningkat.



PANDANGAN NEW MEDIA

Pandangan new media dari masyarakat sekitar, karena masyarakat selalu berhubungan dengan adanya new media misalnya internet yang mencakup jejaring sosial, televisi analog,iPhone maupun game. Berikut adalah pandangan masyarakat:

1.       Luasnya jejaring sosial yang bisa menghubungkan semua user di seluruh dunia bisa berkomunikasi dengan mudah.
2.       Kesepian, hal ini yang memicu masyarakat untuk bermain game di internet maupun online jejaring sosial, tetapi dampak negatif dari faktor ini adalah terkadang masyarakat bisa terasingkan dari dunia luar(nyata) karena terlalu fokus pada new media di dunia maya

FACEBOOK


Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya. Di facebook kita bisa menemukan teman kita yang sudah lama tak bertemu dan juga dapat menemukan banyak teman baru yang berasal dari seluruh dunia.
Selain itu kita bisa menyimpan foto dan video di Facebook. Kita juga bisa sharing kepada teman-teman kita jika punya foto atau video baru, yang dapat dilihat saudara dan teman kita yang jauh. Disinilah salah satu alasan dampak yang muncul pada facebook, karena saat ini banyak yang salah menggunakan facebook untuk kepentingan sendiri/kelompok.


PEMBLOKIRAN FACEBOOK DI BERBAGAI NEGARA

Facebook telah diblokir beberapa kali di beberapa negara karena berbagai alasan. Dan ini negara-negara yang pernah memblokir facebook.
·         China, Layanan Google sites dan Facebook tidak bisa diakses di China lantaran pemerintah China telah memblokirnya. Pemblokiran google site dilakukan sejak 11 Oktober 2009 sampai sekarang. Selain google site dan facebook, pemerintah china juga memblokir YouTube dan Album Web Picasa  . Youtube diblokir di China sejak 23 Maret 2009 sampai searang . Sedangkan Picasa Webs Album diblokir pemerintah china sejak 16 Juli 2009 sampai sekarang.
·         Iran , Pemerintah Iran telah memblokir YouTube dan Facebook . Pemblokiran dilakukan sejak 13 Juni 2009 sampai sekarang.
·         Tajikistan,  negara Tajikistan memblokir Facebook dikarenakan banyaknya warga Tajikistan yang meminta untuk melakukan pemblokiran pada situs jejaring sosial media tersebut. Alasannya, Facebook menjadi sarang fitnah dan banyak pengguna yang menjadikannya sebagai sarana untuk menghina pemimpin negara Tajikistan. Facebook diblokir di negara ini sejak Desember 2012 sampai sekarang.
·         Mesir telah memblokir penyedia jasa internet Free Basics besutan Facebook pada 2015 setelah perusahaan itu menolak permintaan akses dari pemerintah. Pada 2011, negara itu juga pernah memblokir sejumlah situs sosial media untuk diakses dari luar negeri. Saat itu Presiden Hosni Mubarak menginginkan informasi dari dalam Mesir tidak dapat diakses oleh dunia luar.
·         Republik Kongo, Chad, dan Uganda, Beberapa pemerintahan di negara Afrika melarang penggunaan sosial media saat pemilu. Otoritas setempat mengklaim langkah itu sebagai bentuk pencegahan beredarnya informasi palsu terkait hasil pemilu. Namun, para pengamat dan praktisi media setempat menilai langkah itu merupakan bentuk dari menghilangkan pengawasan terhadap hasil yang sebenarnya.
·         Korea Utara, Pemerintah setempat mengumumkan secara resmi pada 2016 memblokir Facebook, Youtube, Twitter, dan situs yang berasal dari Korea Selatan. Kementerian Telekomunikasi Korea Utara menyatakan bahwa pemblokiran dilakukan untuk membatasi akses dari luar negara itu.


DAMPAK NEGATIF DAN POSITIF PADA FACEBOOK



·         DAMPAK NEGATIF
1.       Dapat dipakai untuk mencari video porno.
2.       Video-video kekerasan.
3.       Video yang dapat merubah reputasi seseorang.
4.       Mudah terpengaruh oleh hal yang tidak sesuai dengan kebiasaan atau kebudayaan suatu negara
5.       Berkonotasi negative terhadap nama seseorang.
6.       Penipuan
7.       Penyebaran berita hoax
8.       Interaksi sosial berkurang
9.       Mengganggu kesehatan
10.   Lupa waktu
11.   Pencurian identitas
12.   Mengungkap kehidupan pribadi
13.   Sebagai Ajang Berjudi
14.   Sebagai Sarana Trafficking
15.   Sebagai sarana Pelecehan Agama
16.   Menurunkan kinerja
17.   Bocornya data rahasia pada khalayak

·         DAMPAK POSITIF
1.       Mempererat Hubungan Silaturahmi
2.       Sebagai Media Promosi
3.       Tempat Sarana Diskusi
4.       Tempat Penyimpanan Data Pribadi
5.       Berbagi Informasi
6.       Dapat mengirim foto,video,data
7.       Jual beli online

sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Quantum Computing-Kelompok 2 4IA07

 Download PPT quantum computing disini : Quantum Computing - Kelompok 2 4IA07