DEFINISI NEW MEDIA (Media Baru)
Media Baru adalah
istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital,
komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di
akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai
media baru adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat
dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak.
Secara sederhana media baru adalah media yang terbentuk dari interaksi antara
manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya
adalah web, blog, online social network, online forum dan lain-lain yang
menggunakan komputer sebagai medianya.
Menurut Everett M. Rogers
(dalam Abrar, 2003:17-18) merangkumkan perkembangan media komunikasi ke dalam
empat era. Pertama, era komunikasi tulisan, Kedua, era komunikasi cetak,
Ketiga, era telekomunikasi, dan Keempat, era komunikasi interaktif. Media baru
adalah media yang berkembang pada era komunikasi interaktif. Ron Rice
mendefinisikan media baru adalah media teknologi komunikasi yang melibatkan
komputer di dalamnya (baik mainframe, PC maupun Notebook) yang memfasilitasi
penggunanya untuk berinteraksi antar sesama pengguna ataupun dengan informasi
yang diinginkan. Sementara menurut McQuail, media baru adalah tempat dimana
seluruh pesan komunikasi terdesentralisasi; distribusi pesan lewat satelite
meningkatkan penggunaan jaringan kabel dan komputer, keterlibatan audiens dalam
proses komunikasi yang semakin meningkat.
PANDANGAN
NEW MEDIA
Pandangan new media dari masyarakat sekitar, karena
masyarakat selalu berhubungan dengan adanya new media misalnya internet yang
mencakup jejaring sosial, televisi analog,iPhone maupun game. Berikut adalah
pandangan masyarakat:
1. Luasnya
jejaring sosial yang bisa menghubungkan semua user di seluruh dunia bisa
berkomunikasi dengan mudah.
2. Kesepian,
hal ini yang memicu masyarakat untuk bermain game di internet maupun online
jejaring sosial, tetapi dampak negatif dari faktor ini adalah terkadang
masyarakat bisa terasingkan dari dunia luar(nyata) karena terlalu fokus pada
new media di dunia maya
FACEBOOK
Facebook adalah website
jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti
kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi
dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim
pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang
dirinya. Di facebook kita bisa menemukan teman kita yang sudah lama tak bertemu
dan juga dapat menemukan banyak teman baru yang berasal dari seluruh dunia.
Selain itu kita bisa menyimpan foto dan video di Facebook. Kita juga bisa sharing kepada teman-teman kita jika punya foto atau video baru, yang dapat dilihat saudara dan teman kita yang jauh. Disinilah salah satu alasan dampak yang muncul pada facebook, karena saat ini banyak yang salah menggunakan facebook untuk kepentingan sendiri/kelompok.
Selain itu kita bisa menyimpan foto dan video di Facebook. Kita juga bisa sharing kepada teman-teman kita jika punya foto atau video baru, yang dapat dilihat saudara dan teman kita yang jauh. Disinilah salah satu alasan dampak yang muncul pada facebook, karena saat ini banyak yang salah menggunakan facebook untuk kepentingan sendiri/kelompok.
PEMBLOKIRAN FACEBOOK DI BERBAGAI NEGARA
Facebook
telah diblokir beberapa kali di beberapa negara karena berbagai alasan. Dan ini
negara-negara yang pernah memblokir facebook.
·
China,
Layanan Google sites dan Facebook tidak bisa diakses di China lantaran
pemerintah China telah memblokirnya. Pemblokiran google site dilakukan sejak 11
Oktober 2009 sampai sekarang. Selain google site dan facebook, pemerintah china
juga memblokir YouTube dan Album Web Picasa . Youtube diblokir di China
sejak 23 Maret 2009 sampai searang . Sedangkan Picasa Webs Album diblokir
pemerintah china sejak 16 Juli 2009 sampai sekarang.
·
Iran ,
Pemerintah Iran telah memblokir YouTube dan Facebook . Pemblokiran dilakukan
sejak 13 Juni 2009 sampai sekarang.
·
Tajikistan,
negara Tajikistan memblokir Facebook dikarenakan banyaknya warga Tajikistan
yang meminta untuk melakukan pemblokiran pada situs jejaring sosial media
tersebut. Alasannya, Facebook menjadi sarang fitnah dan banyak pengguna yang
menjadikannya sebagai sarana untuk menghina pemimpin negara Tajikistan.
Facebook diblokir di negara ini sejak Desember 2012 sampai sekarang.
·
Mesir telah
memblokir penyedia jasa internet Free Basics besutan Facebook pada 2015 setelah
perusahaan itu menolak permintaan akses dari pemerintah. Pada 2011, negara itu
juga pernah memblokir sejumlah situs sosial media untuk diakses dari luar
negeri. Saat itu Presiden Hosni Mubarak menginginkan informasi dari dalam Mesir
tidak dapat diakses oleh dunia luar.
·
Republik Kongo,
Chad, dan Uganda, Beberapa pemerintahan di negara Afrika
melarang penggunaan sosial media saat pemilu. Otoritas setempat mengklaim
langkah itu sebagai bentuk pencegahan beredarnya informasi palsu terkait hasil
pemilu. Namun, para pengamat dan praktisi media setempat menilai langkah itu
merupakan bentuk dari menghilangkan pengawasan terhadap hasil yang sebenarnya.
·
Korea Utara,
Pemerintah setempat mengumumkan secara resmi pada 2016 memblokir Facebook,
Youtube, Twitter, dan situs yang berasal dari Korea Selatan. Kementerian
Telekomunikasi Korea Utara menyatakan bahwa pemblokiran dilakukan untuk
membatasi akses dari luar negara itu.
DAMPAK NEGATIF DAN POSITIF PADA FACEBOOK
·
DAMPAK NEGATIF
1. Dapat dipakai untuk
mencari video porno.
2. Video-video kekerasan.
3. Video yang dapat merubah
reputasi seseorang.
4. Mudah terpengaruh oleh hal
yang tidak sesuai dengan kebiasaan atau kebudayaan suatu negara
5. Berkonotasi negative
terhadap nama seseorang.
6. Penipuan
7. Penyebaran berita hoax
8. Interaksi sosial berkurang
9. Mengganggu kesehatan
10. Lupa waktu
11. Pencurian identitas
12. Mengungkap kehidupan
pribadi
13. Sebagai Ajang Berjudi
14. Sebagai Sarana Trafficking
15. Sebagai sarana Pelecehan
Agama
16. Menurunkan kinerja
17. Bocornya data rahasia pada
khalayak
·
DAMPAK POSITIF
1. Mempererat Hubungan
Silaturahmi
2. Sebagai Media Promosi
3. Tempat Sarana Diskusi
4. Tempat Penyimpanan Data
Pribadi
5. Berbagi Informasi
6. Dapat mengirim
foto,video,data
7. Jual beli online
sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar